IC (In Character) Dan OOC (Out OF Character)

Agar tidak bingung dan permainan peranmu bisa berjalan lancar, server Ace Pride Roleplay membagi permainanmu menjadi dua dimensi, yaitu dimensi In Character dan Out of Character . Apa itu In Character dan Out Of Character?
In Character (IC)
In Character atau Dalam Karakter yaitu merupakan karakter yang kamu mainkan didalam game tersebut.

Out of Character (OOC)
Out of Character atau Di luar karakter yaitu merupakan dirimu didunia nyata yang mengendalikan karakter tersebut.
Singkatnya OOC mengendalikan IC. Jika si OOC mengalami kendala dalam bermain sehingga menghambat jalannya suatu Roleplay, maka si OOC ini wajib menjelaskan kepada lawan RPnya apa kendalanya melalui OOC chat yang bisa diakses melalui /n .

Command

[GUIDE] Command
Command atau Perintah adalah sebuah fitur yang dibuat untuk mendukung kelancaran setiap player dalam bermain peran. Untuk mengaktifkan sebuah command/perintah kamu perlu memasukkan sebuah prefix (awalan) yang akan menjadi sebuah pemicu keaktifan command/perintah tersebut. Di server Ace Pride Roleplay ini, kamu bisa mengaktifkan berbagai perintah dengan awalan
/ atau lebih dikenal dengan garis miring.

Admin

[GUIDE] Admin
Agar permainan peran seluruh player berjalan lancar, kalian diawasi oleh beberapa para administrator atau lebih dikenal dengan tim pengurus APRP. Ketika on duty di in game mereka identik dengan Nick berwarna merah. Ketika on duty, mereka berada di dimensi OOC, jadi jangan mengajak mereka untuk bermain peran/ beroleplay. Sifatnya yang berada di dimensi OOC ini mewajibkan seluruh player menunjukkan rasa yang lebih menghargai terhadap seluruh administrator yang sedang on duty.

Report Player

[GUIDE] Report Player

Seringkali dijumpai beberapa player melakukan pelanggaran aturan server yang menyebabkan permainan peran player lain menjadi terhambat. Untuk itu server Ace Pride Roleplay ini dilengkapi dengan fitur report player. Kalian boleh melaporkan player yang melanggar aturan server melalui /report atau bisa juga di discord APRP pada channel Report Player. Untuk menggunakan command /report di in game, kalian harus mengikuti beberapa aturan agar memudahkan administrator melihat laporan kalian.

Penggunaan Report

[GUIDE] Penggunaan /report

Tata Cara Menggunakan Command /report Yang Baik dan Benar

1. ( Format ) Gunakanlah format dan keterangan yang jelas saat melakukan laporan pelanggaran rules di ingame, seperti contoh : [ID Player][Pelanggaran].

2. ( Missusing /report ) Gunakanlah command /report dengan bijak, jika tidak sesuai dengan ketentuan maka player yang menyalahgunakan command /report akan ditindaklanjuti sesuai ketentuan yang telah berlaku.

3. ( Ethics n Respect ) Gunakanlah kata-kata yang tidak mengandung unsur kekerasan dan kebencian terhadap sesama player ataupun pengurus saat melakukan report di ingame.

4. ( Spamming ) Jangan sesekali melakukan spamming di /report atau kalian (pelapor) yang akan terkena punishment dari pihak pengurus dan jikalau report an kalian tidak ditanggapi oleh pengurus segera melakukan laporan pelanggaran di Discord sesuai channel yang telah disediakan.

RP Action

[GUIDE] RP Action

RP Action digunakan untuk mendeskripsikan aksi dari karaktermu dikarenakan kurangnya animasi  dan fitur bawaan didalam GTA SA-MP. Untuk mengaktifkan RP Action dapat dilakukan dengan dua perintah dan dengan fungsi yang berbeda pula. Perintah yang digunakan untuk mengaktifkan RP Action ini adalah /me dan /do .

Penggunaan /me
Me yang dalam bahasa Indonesia berarti saya. Umumnya /me digunakan untuk mendeskripsikan apa yang karaktermu lakukan, rasakan, pikirkan. Pendeskripsian dari /me ini menggunakan sudut pandang orang pertama dan untuk sifatnya, /me bersifat full IC. Dalam penggunaannya, diharapkan kamu dapat mendeskripsikan sedetail mungkin. Contoh penggunaan:
/me sedang memikirkan keluarga dikampung.
/me merasa sedih.
/me mengambil HP disaku kanan dengan tangan kanan.

Penggunaan /do
Do yang dalam bahasa Indonesia berarti melakukan. Umumnya /do digunakan untuk mendeskripsikan apa yang sedang atau telah karaktermu lakukan, meminta dan memberi ijin terhadap player lain untuk melakukan sebuah RP agar tidak adanya miss communication. Pendeskripsian dari /do ini menggunakan sudut pandang orang ketiga dan untuk sifatnya fleksibel. Fleksibel yang berarti sifatnya IC dan OOC, namun OOC disini bukan berarti kalian gunakan sebagai pengganti OOC Chat (/n) . /do yang digunakan untuk meminta dan memberi ijin terjadinya suatu roleplay, hal inilah yang membuat /do bersifat OOC tetapi tujuannya untuk IC. Contoh penggunaan:
/do terlihat seseorang terkapar dipinggir jalan.
/do permission to do PKed?
/do Accept for PKed.